Tugas Pokok dan Fungsi

‎2.1‎ TUGAS DAN FUNGSI

Badan Penanggulangan Bencana Daerah dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah ‎Kabupaten Labuhanbatu UtaraNomor : 37 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata ‎Kerja Dinas-Dinas Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara. Kepala Badan ‎Penanggulangan Bencana Daerahberada di bawah dan bertanggung jawab kepada ‎Bupati Labuhanbatu Utara melalui Sekretaris Daerah.‎
Badan Penanggulangan Bencana DaerahKabupaten Labuhanbatu Utara merupakan ‎unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam bidang Ketentraman ‎dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat. Tugas Pokoknya adalah ‎melaksanakan urusan Pemerintah Daerah dalam bidang Penanggulangan Bencana. ‎
Tugas Pokok
‎1.‎ Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang Ketentraman dan Ketertiban ‎Umum serta Perlindungan Masyarakat;‎
‎2.‎ Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan dan penanganan ‎bencana secara terencana, terpadu danmenyuluruh serta bertindak cepat, tepat, ‎efektif danefisien dalam kebencanaan;‎

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud, Badan Penanggulangan ‎Bencana DaerahKabupaten Labuhanbatu Utara menyelenggarakan fungsi sebagai ‎berikut:‎
Fungsi

‎1.‎ Menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana ‎yang mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi dan ‎rekontruksi secara adil danmerata;‎
‎2.‎ Menetapkan standardisasi serta kebutuhan penyelenggaraan dan penanggulangan ‎bencana berdasarkan peraturan perundang-undangan;‎
‎3.‎ Menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawanbencana;‎
‎4.‎ Menyelenggarakan ‎ pencegahan dan penanggulangan kebencanaan sesuai dengan ‎ketentuan dan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;‎
‎5.‎ Melaporkan penyelenggaraan penanggulangan kebencanaan kepada Bupati setiap ‎bulan sekali dalam keadaan normal dan setiap saat dalam kondisi darurat bencana;‎
‎6.‎ Menyusun dan menetapkan prosedur tetap penanganankebencanaan;‎
‎7.‎ Mengendalikan pengumpulan dan penyaluran logistik/ bantuan;‎

‎8.‎ Mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari anggaran ‎daerah maupun pusat;‎
‎9.‎ Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan ‎fungsinya.‎

‎2.2‎ STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi Badan Penanggulangan Bencana DaerahKabupaten Labuhanbatu ‎Utara dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2016 tentang Susunan ‎Organisasi Serta Tata Kerja, Tugas dan Fungsi Perangkat Daerah dengan berdasarkan ‎Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2008 tentang Pedoman Organisasi ‎dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah. ‎
Susunan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana DaerahKabupaten Labuhanbatu ‎Utaraadalah sebagai berikut:‎
a.‎ KepalaPelaksana
b.‎ Sekretaris , membawahi:‎
• Kepala Sub BagianUmum
• Kepala Sub Bagian Program danKeuangan
c.‎ Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, membawahi:‎
• Kepala SeksiPencegahan
• Kepala SeksiKesiapsiagaan
d.‎ Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, membawahi:‎
• Kepala SeksiKedaruratan
• Kepala SeksiLogistik
e.‎ Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, membawahi:‎
• Kepala SeksiRehabilitasi
• Kepala SeksiRekonstruksi